Tuesday, March 2, 2010

Puluhan Ribu Hektar Hutan di Garut Beralih Fungsi

Apakah Anda mencari beberapa informasi dalam pada latest cheat? Berikut adalah up-to-date laporan dari latest cheat ahli yang seharusnya tahu.

TEMPO Interaktif, GARUT -Sekitar 59.914 hektar dari luas hutan yang mencapai 170ribu hektar di Kabupaten Garut, Jawa Barat, beralih fungsi. œDampak darikondisi ini dapat beresiko menyebabkan erosi dan longsor, kata KepalaBidang Tata Ruang pada Dinas Perumahan, Tata Ruang dan Cipta KaryaKabupaten Garut, Luna Aviantrini kepada Tempo di kantornya, Selasa(2/3).

Menurut Luna, kerusakan terbesar berada di kawasan hutan produksi seluas36530 hektar. Disusul dengan kerusakan hutan lindung sebanyak 19.122hektar dan hutan suaka alam sebanyak 4.263 hektar.

Lahan hutan itu berubah menjadi area perkebunan seluas 10.022 hektar,sawah tadah hujan 8.106 hektar, semak belukar 21.600 hektar, ladang17.909 hektar, pemukiman 1.781 hektar dan padang rumput seluas 565hektar. Perubahan fungsi hutan itu, terjadi di Kecamatan Cilawu, GarutKota, Samarang, Talegong, Cisewu, Pamulihan, Pakenjeng, Cihurip danSingajaya.

Jika Anda menemukan diri Anda bingung dengan apa yang Anda telah membaca hingga saat ini, jangan putus asa. Semuanya harus jelas pada saat Anda selesai.

Karenanya, untuk mengembalikan fungsi hutan, Luna telah meminta lembaga teknis terkait untuk melakukan pengawasan danpengendalian secara terpadu. Bahkan pihaknya juga berencana akanmenerapkan 80 persen dari luas Garut 306 hektar menjadi kawasan lindungdalam tata ruang wilayah Garut. œBagi yang melakukan pelanggaran tataruang ini dapat diberikan sanksi setimpal sesuai undang-undang nomor 26tahun 2007, ujarnya.

Kepala Perhutani KPH Garut, Ade Suryadi, membantah bila di wilayahkerjanya terjadi alih fungsi hutan. Menurutnya, seluruh kawasan yangdikelola pihaknya seluas 81 hektar telah terjaga dengan baik.

Darijumlah tersebut hanya terdapat 5 hektar yang berubah menjadi pemukiman.Namun itu pun telah mengajukan permohonan untuk dijadikan wilayahpemukimanan kepada Bupati Garut. Kawasan itu telah ditempati sejak tahun1930 yang berada di Desa Pandawa, Kecamatan Pamulihan.

Dia juga mengaku, kasus ilegal logging diwilayahnya turun drastis. Padatahun 2009 saja hanya terjadi tiga kasus dengan jumlah yang dicurisebanyak 12 pohon. Sedangkan jumlah lahan yang telah dirambah seluas3.500 hektar telah dilakukan program pengelolaan hutan bersamamasyarakat dengan penanaman pohon kopi.

Dari jumlah tersebut sekitar 40persennya telah dinyatakan berhasil. œKesadaran masyarakat akan fungsihutan di Garut sudah cukup baik, jadi tidak ada alih fungsi, ujarnyasaat ditemui di ruang kerjanya.

SIGIT ZULMUNIR

Tidak ada salahnya untuk menjadi baik dengan teknologi informasi pada latest cheat. Bandingkan apa yang telah Anda pelajari di sini untuk artikel masa depan sehingga Anda dapat tetap waspada terhadap perubahan di daerah dari latest cheat.

No comments:

Post a Comment