Tuesday, November 23, 2010

PLN: Listrik di Luar zona Bahaya Merapi Sudah Pulih

When you're learning about something new, it's easy to feel overwhelmed by the sheer amount of relevant information available. This informative article should help you focus on the central points.
Yogyakarta, (tvOne)

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengklaim telah mampu memulihkan seluruh jaringan listrik yang rusak di luar radius rawan bahaya letusan Gunung Merapi sehingga hanya tersisa 16.813 pelanggan yang belum bisa menikmati listrik.

"Jumlah pelanggan yang belum bisa menikmati listrik itu termasuk dari pelanggan yang rumahnya hancur akibat letusan Gunung Merapi," kata Ketua Tim Pemulihan Jaringan dan Pasokan Tenaga Listrik Pascaerupsi Gunung Merapi Frans Simanjuntak di Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, jumlah pelanggan yang mengalami gangguan pasokan listrik akibat letusan Gunung Merapi sebanyak 130.390 pelanggan yang tersebar di empat kabupaten yaitu Sleman, Klaten, Magelang dan Boyolali.

Jumlah pelanggan terbanyak yang hingga kini belum bisa menikmati aliran listrik adalah di Kabupaten Sleman DIY yaitu sekitar 9.300 pelanggan.

"Khusus untuk zona yang masuk dalam radius rawan bahaya letusan Gunung Merapi, kami belum dapat melakukan perbaikan karena masih sangat berbahaya. Perbaikan akan dilakukan saat kondisi sudah aman dan atas rekomendasi BNPB," katanya.

The more authentic information about mobil keluarga ideal terbaik indonesia you know, the more likely people are to consider you a mobil keluarga ideal terbaik indonesia expert. Read on for even more mobil keluarga ideal terbaik indonesia facts that you can share.

Pemulihan jaringan listrik di radius aman tersebut, lanjut Frans telah dilakukan sejak 27 Oktober dan hingga kini terus berjalan.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan PLN Ronggo Kuncahyo mengatakan akibat letusan Gunung Merapi sejak 26 Oktober, perusahaan tersebut mengalami kerugian akibat kerusakan jaringan distribusi listrik mencapai Rp55,8 miliar dari 25.501 pelanggan di tiga wilayah pelayanan jaringan yaitu Yogyakarta, Klaten dan Magelang.

Berdasarkan perhitungan awal, terdapat 125,64 kilometer sirkuit jaringan tegangan menengah yang mengalami kerusakan, dua "recloser", dan 198,26 kilometer sirkuit jaringan tegangan rendah.

"Jumlah tersebut masih merupakan angka perkiraan saja berdasarkan jumlah jaringan yang mengalami kerusakan langsung akibat letusan Gunung Merapi," katanya.

Khusus untuk kerusakan di zona aman, lanjut dia, masih terus dilakukan perhitungan. Kerusakan jaringan listrik di zona aman, salah satunya disebabkan karena adanya trafo yang tertutup abu vulkanik.

Ia mengatakan, PLN juga memberikan dukungan dengan menyediakan sejumlah genset di beberapa lokasi pengungsian.

"Saat radius rawan bahaya Merapi diperluas, ada sekitar 120 genset yang disiapkan, namun seiring dengan penurunan radius rawan bahaya telah ada 20 genset yang ditarik kembali," katanya. (Ant)

Knowing enough about mobil keluarga ideal terbaik indonesia to make solid, informed choices cuts down on the fear factor. If you apply what you've just learned about mobil keluarga ideal terbaik indonesia, you should have nothing to worry about.

No comments:

Post a Comment