Friday, January 15, 2010

Lintasan Pelayaran Feri NTB - NTT Ditutup Dalam Empat Hari Terakhir

Artikel berikut menyajikan informasi paling terakhir pada latest cheat. Jika Anda memiliki minat khusus dalam latest cheat, maka artikel informatif ini diperlukan membaca.

Sabtu, 16 Januari informasi beasiswa gratis 2010 | 07:14 WIB

TEMPO Interaktif, Mataram - Sudah empat hari terakhir ini sejak Rabu (13/1) lalu sampai Sabtu (16/10 pagi ini, lintasan penyeberangan feri dari Pelabuhan Sape di Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat ke Labuhan Bajo di Flores dan Waikilo Sumba ditutup total. Sesuai perkiraan cuaca untuk pelayaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, diperkirakan cuaca buruk akan berlangsung hingga Ahad (17/1) besok. Pengalaman tahun 2009 lalu, penutupan karena cuaca memburuk berlangsung selama sembilan hari.

Di Pelabuhan Sape Bima, karena gudang di Jawa masih banyak yang tutup jadi masih relatif sepi setelah tahun baru, hanya ada sekitar 20-an unit truk besar pengangkut barang kebutuhan sembako dari Jawa memenuhi halaman parkir pelabuhan.

Sekarang kita telah membahas aspek-aspek dari latest cheat, mari kita berpaling pada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan.

Demikian pula sebaliknya di Labuhan Bajo dan Waikelo. Hingga pukul 07.00 pagi ini waktu setempat masih gelap mendung karena belum terlihat matahari. Parah cuaca di sini. Juga ada hujan. Gelombang sampai lima meter, kata Kepala Cabang PT ASDP Sape Jumono kepada Tempo, Sabtu (16/1) pagi.

Seharusnya, pelayaran lintasan Sape " Labuan Bajo dilakukan setiap hari. Sedangkan Sape " Waikilo yang dermaganya berada di laut lepas hanya dua kali seminggu, Selasa dan Jumát. Sebelumnya, setiap keberangkatan kapal KMP Cakalang (1400 GRT), KMP Cengkafo (600 GRT), KMP Dewana Darma (600 GRT) para nakhodanya dibekali peta perkiraan cuaca yang diperoleh dari BMKG. Kalau tergambar merah berarti tinggi gelombang di atas tiga meter. Saat ini semua lautan di Flores tergambar merah. Belum ada tanda-tanda cuaca membaik, ujarnya.

Ketika belum ditutup, nakhoda menggunakan pengalaman berlayarnya agar aman sehingga jadwal keberangkatan dipercepat dari semula jam 08.00 pagi dimajukan sewaktu masih subuh. Untuk pelayaran Sape " Labuan Bajo Flores dan Sape Waikilo Sumba sejauh 70 mil dalam cuaca normal memerlukan waktu kurang lebih sama hingga delapan jam. Lintasan keduanya berada di dekat perairan bebas Samudera Hindia yang berada di atas benuar Australia.

SUPRIYANTHO KHAFID

Sekarang Anda dapat mengerti mengapa ada bunga yang tumbuh dalam latest cheat. Ketika orang mulai mencari informasi lebih lanjut tentang latest cheat, Anda akan berada dalam posisi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

No comments:

Post a Comment