Saturday, April 25, 2009

Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah

Sedangkan Bimo Walgito dalam bukunya "Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah" menyimpulkan bahwa konseling adalah bantuan yang diberikan kepada individu dalam memecahkan masalah kehidupannya dengan wawancara dan dengan cara yang sesuai dengan keadaan yang dihadapi individu untuk mencapai kesejahteraan hidupnya.
Dengan demikian dapat ditegaskan bahwa pembinaan nilai-nilai agama Islam melalui bimbingan dan konseling adalah pemberian bantuan kepada siswa (pelajar) berupa segala sesuatu yang dia butuhkan yang beorientasi pada kewajiban dan larangan agama dalam memepertahankan dan menyempurnakan kepribadian dan sikapnya untuk dapat menyesuaikan dirinya secara lebih efektif dengan dirinya sendiri dan dengan lingkungannya.
Dengan melaksanakan penelitian di SMP Islam Hasanudin Mojosari, peneliti ingin mendapatkan gambaran secara empiris tentang pembinaan nilai-nilai agama Islam yang dilaksanakan dalam bimbingan dan konseling mulai dari proses awal pembinaan sampai hasil akhir dari pembinaan tersebut. Sehingga peniliti mendapatkan data-data yang empiris sebagai bahan penulisan skripsi dengan judul pembinaan nilai-nilai agama Islam melalui bimbingan dan konseling di SMP Islam Hasanudin Mojosari.

No comments:

Post a Comment